Monday, January 18, 2016

Apa strategi pemenangan pilkada ? Bagaimana cara menentukan metode jitu pemenangan ?

Edisi 1 : strategi pemenangan pilkada dalam cros cek data valid atau invalid atau valid tapi dobel

Bersama Sahabat Anda : 
Pendiri pesantrenPolitik.com, Pendiri pesantrenBisnis.com, Pendiri istanamulia.com) 

Sesungguhnya menentukan metode dan strategi pemenangan pilkada salah satunya dengan cara menentukan banyaknya data pemilih, untuk data pemilih yg tidak terlalu banyak seperti pikada kota atau kabupaten kecil, pendekatan person to person lebih tepat atau yang dikenal direct selling, namun utk daerah dengan pemilih yg sangat banyak seperti kabupaten besar atau pilgub maka sosialisasi massal akan lebih efektif.

Pada artikel www.pesantrenPolitik.com kali ini kita akan fokus membahas metode dan strategi pemenangan pilkada dor to dor, atau ada yg menyebutnya person to person, metode ini membutuhkan banyak tenaga tim, minimal 1 orang di setiap TPS, tugasnya adalah komunikasi langsung dengan penduduk di TPS wilayahnya dan mendata siapa saja yg mendukung kandidat.

Tim ini nantinya memberikan laporan data ke pusat data, pekerjaan paling rumit di tim sukses pilkada adalah mengetahui apakah data yg di berikan tim dilapangan valid atau invalid atau valid tapi dobel, di lapangan akan sering ditemukan data fiktif karena ingin mendapatkan reward yang besar.

Dalam strategi pemenangan pilkada dalam cros cek data valid atau invalid atau valid tapi dobel, maka ada beberapa cara utk mengurangi data pemilih fiktif tersebut yaitu :
  • pastikan data pemilih ada dalam DPT
  • Bila ada pastikan belum ditandai sebagai pemilih (baik oleh relawan itu sendiri atau relawan lain)
  • Sebisa mungkin menyertakan nomor hp, kecuali usia diatas 50 dan jenis kelamin perempuan bisa dimaklumi).
  • Bila anda memiliki aplikasi softwer, Kirim SMS ke semua data yg masuk, software akan mendeteksi nomor aktif atau tidak. Sistem akan otomatis menghitung, jadi bisa diketahui semua data yg dibawa oleh relawan Fulan berapa persen yg aktif, bila sangat sedikit maka kejujuran relawan ini dipertanyakan.
  • Kemungkinan data valid juga bisa dilihat dari balasan sms, bila banyak yg membalas tidak tahu menahu atau tidak pernah merasa mendukung atau bahkan cacian, maka itu bisa menjadi parameter validitas data hasil pekerjaan relawan
  • Untuk data yg masih belum jelas, sebaiknya siapan tim call center yg bertugas utkmenghubungi data pemilih.
  • Untuk data yg tidak ada nomor hp, ambil data sampel yg proporsional dan siapkan tim bayangan utk turun kelapangan, utk memeriksa kebenaran data dukungan. data target dan realisasi hasil kerja timses

Ikuti Kajian Fiqh Demokrasi bersama Ayi Muzayini E,Kosasih 
Pendiri pesantrenPolitik.com, Pendiri pesantrenBisnis.com, Pendiri istanamulia.com) 
Eporia Demokrasi di Indonesia ini masih sangat baru dan tentu saja sangat perlu banyak pihak yang harus berkontribusi untuk mengenalkan cara memenangkan pesta demokrasi ini secara tepat sesuai. Saya salah satu anak bangsa yang ingin menjadi pelopor demokrasi sehat dan kontributor kontestasi demokrasi tepat sesuai, agar pertumbuhan demokrasi semakin sehat, kuat dan semakin berkualitas. Bersama kita bisa, bersama kita kuat dan bersama kita penuh berkah, 


Artikel lainnya Strategi Pemenangan PILKADA dan PILEG
Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Berpolitik adalah Ibadah, Mari Berdakwah dg penuh Hikmah dan Amanah, demi Kejayaan Ummah

Selamat Datang di Sekolah Kepemimpinan Istana Mulia (IM) : Welcome to School of Leadership

Jika ingin berbagi silahkan kirim email ke sahabatayi@gmail.com

Entri Populer