Monday, January 18, 2016

Kampanye politik dalam sebuah tatanan negara modern yang matang demokrasi telah bergeser dari political war dan debat-debat yang penuh intrik bahkan cenderung black campaign dengan saling menjatuhkan menjadi sebuah marketing war yang kreatif, inovatif dan persuasif. Bahkan bila dikemas dalam suatu integrasi komunikasi pemasaran yang baik maka dia akan menjadi tontonan yang menarik ketimbang penuh konflik.

Kunci utamanya terletak pada penerimaan voter market yakni rakyat, bukan sebuah opini sempit semata. 

Edisi 2 : Sukses Pilkada dengan 4 P (Product, Pricing, Promotion, dan Place)

Bersama Sahabat Anda : Ayi Muzayini E,Kosasih 
Pendiri pesantrenPolitik.com, Pendiri pesantrenBisnis.com, Pendiri istanamulia.com) 

Pilkada sangat memerlukan marketing yang jitu agar dapat mendulang sukses. Seorang kandidat akan dianggap kuat jika ia memiliki daya kompetitif yang lebih baik dibanding yang lain.

Dalam konteks marketing daya kompetitif seorang kandidat dapat diuraikan dalam sebuah konsep yang sederhana yaitu konsep 4P, Product, Pricing, Promotion, dan Place.

Jika kandidat adalah produk yang akan dipasarkan, maka Product harus memiliki keistimewaan, dan keunikan dibanding yang lain, yang kita kenal dengan :
·         Daya Saing Personal, Yaitu Terkait Moralitas, Performance/Penampilan, Succes Story, Intelektual, Kompetensi Dan Pengalaman),
·         Visi Dan Gagasan,
·         Tatatement,
·         Lingkungan Sosial-Politik,
·         Serta Instrument Yang Mampu Mewakili Kehadiran Kandidat (Marchandise, Misalnya).

Pricing adalah terkait dengan social cost dan political cost yang mampu dibayarkan oleh kandidat untuk membiayai tim kerja, saksi, memberikan bantuan untuk kegiatan sosial kemasyarakatan,dsb.
Promotion, berkaitan dengan strategi dan taktik komunikasi melalui PR's, advertising, door to door campaign, propaganda, dan kampanye terbuka. Sedangkan place berkaitan dengan jaringan penyampaian informasi dan jaringan penggalangan dukungan yang memungkinkan penyebaran informasi dapat diselenggarakan secara efektif dan efisien.

4 P adalah sebuah konsep yang mudah diingat serta mudah diterapkan. Anda bisa membuat tabel untuk mengadu daya saing antara 2 atau lebih kandidat yang maju dalam Pilkada. Melalui konsep itu juga Anda dapat memeriksa dimana kelemahan dan kekuatan Anda jika dibandingkan dengan kompetitor Anda. Untuk memenangkan pilkada, sudah barang tentu Anda tidak perlu unggul secara mutlak di keempat unsur tersebut. Pada beberapa pengalaman pilkada, tak jarang seorang kandidat yang produknya lemah, namun mampu tampil sebagai pemenang karena unggul di 3 P yang lain. Secara teoritik, kunci suksesnya adalah "P" Anda harus lebih baik dari yang lain.


Sumber : Sukses Pilkada dengan 4 P (Product, Pricing, Promotion, dan Place) dari berbagai sumber 
Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Berpolitik adalah Ibadah, Mari Berdakwah dg penuh Hikmah dan Amanah, demi Kejayaan Ummah

Selamat Datang di Sekolah Kepemimpinan Istana Mulia (IM) : Welcome to School of Leadership

Jika ingin berbagi silahkan kirim email ke sahabatayi@gmail.com

Entri Populer