Sabtu, 09 April 2016

Apa yang bisa kita bisa pelajari dari Kepemimpinan Siroh Rasulullah SAW yang sudah dijaga Alloh akan integritas, kapasitas dan popularitasnya sampai akhir zaman ?

Nabi Muhammad SAW telah memberi pesan kepada setiap muslim untuk siap menjadi pemimpin terbaik karena pada hakikatnya setiap kita adalah pemimpin di level terkecil. Jika kesanggupan memimpin di level terkecil ini dilaksanakan dengan baik, maka akan menanjak menjadi pemimpin yang baik di level-level berikutnya. Kemudian menjelma menjadi loncatan ke level yang tertinggi.

Sabda Nabi Muhammad SAW : “Ketahuilah! Masing-masing kamu adalah pemimpin dan masing-masing kamu akan dimintai pertanggungjawaban terhadap apa yang dipimpin” (HR. Bukhari dari Ibnu Umar, Bukhari, al-Adab, al-Mufrad,

Berikut adalah tiga fungsi terpenting di dalam diri seorang pemimpin yang diajarkan Rasullah SAW :
  1. Pendidik (pembina/motivator) yang dewasa (murabbi). Sebagai pendidik yang baik beliau berperan sebagai pendengar insiprasi rakyatnya karena pemimpin lahir dari rakyat dan dukungan anggota, bukan karena diangkat dari atas. Pemimpin lahir dari bawah dan sudah seharusnya memperjuangkan kepentingan mereka. Pendidik yang baik memerankan peran sebagai pembina sekaligus sebagai motivator terhadap anggota dengan spirit untuk mencerdaskan rakyat/anggotanya bukan membodohi mereka atau membodohkan mereka.
  2. Pengajar (informan) yang matang (mu’allim). Seorang pemimpin berfungsi sebagai informan bagi rakyat/anggotanya. Pemimpin wajib memberikan informasi yang layak kepada anggotanya sebagai pengayaan/salah satu sumber serta bekal pencerdasan anggota.
  3. Organisator (koordinator) yang handal (munazhzhim). Seorang pemimpin juga berperan sebagai organisatoris dan koordinator (munazhzhim). Maksudnya ia mampu memfasilitasi terakomodasinya potensi dan kapabilitas anggota. Selanjutnya, dioptimalkan secara baik untuk menghasilkan hasil yang baik pula.
Reaksi:

0 komentar:

Posting Komentar

Berpolitik adalah Ibadah, Mari Berdakwah dg penuh Hikmah dan Amanah, demi Kejayaan Ummah

Selamat Datang di Sekolah Kepemimpinan Istana Mulia (IM) : Welcome to School of Leadership

Jika ingin berbagi silahkan kirim email ke sahabatayi@gmail.com

Pesantren Bisnis Unggulan (Entrepreneurs Academy) SMP IT Boarding School Istana Mulia 081284027951

Ayo Berjuang Bersama Sahabat Ayi Muzayini Untuk Kota Tangerang yang Lebih baik dan Lebih Berkah

Daftar Blog Pesantren Bisnis (ENTREPRENEUR ACADEMY) TAMAN WISATA PENDIDIKAN ISTANA MULIA

Daftar Blog Wiata Saya

Paket Tour Murah Nusantara

Info Cara Sukses dan Kaya Dunia Akhirat