Friday, July 15, 2016

1. Sebelum Erdogan muncul, belum ada sama sekali rakyat yang berkumpul turun ke jalan-jalan. Mereka semua hanya dalam posisi “menonton”.

Kemudian tampillah Erdogan berbicara kepada rakyatnya melalui 'Facetime' (video/gambar) ini segera tersebar, dimana sang pemimpin dengan jelas meminta rakyat untuk turun melawan kudeta. Situasi berubah 180 derajat, rakyat turun memenuhi jalan-jalan dan mengepung kendaran-kendaraan militer sehingga gagal digerakkan.

2. Erdogan dan partainya mampu membangun loyalitas dan kepercayaan pada dirinya di dalam internal militer dan pemerintahan, ia memiliki pengaruh yang kuat dalam militer.

3. Berlanjut dengan statemen-stateman dari pemimpin Turki, bahkan juga pihak oposisi, yang menjadikan rakyat semakin yakin bahwa jumlah kudeta adalah kelompok kecil yang bisa diatasi.

4. kesimpulannya : Statemen tegas pemimpin yang memberikan arahan pada rakyat apa yg harus dilakukan + kokohnya militer yang mendukung legalitas pemerintahan + rakyat yang sadar dan peduli, serta kondisi perpolitikan yang penuh mendukung Erdogan dan negara, menjadikan kudeta ini gagal hanya dalam 5 jam saja.

dari : FB *Dr. Ali Syalabi* (pakar sejarah dan penulis buku-buku siroh)

_Semoga kita bisa mengambil pelajaran
Reactions:

0 comments:

Post a Comment

Berpolitik adalah Ibadah, Mari Berdakwah dg penuh Hikmah dan Amanah, demi Kejayaan Ummah

Selamat Datang di Sekolah Kepemimpinan Istana Mulia (IM) : Welcome to School of Leadership

Jika ingin berbagi silahkan kirim email ke sahabatayi@gmail.com

Entri Populer